Kompilasi dan Pembuatan Package J2ME

Posted in: Knowledge by krisnarengga on May 19, 2009

Disini penulis akan menjelaskan tentang cara kompilasi dan menjalankan program dengan 2 cara. Cara pertama kita bisa menggunakan Textpad sebagai editor dan WTK 2.5 sebagai program pengkompilasi sedangkan cara yang kedua adalah dengan menggunakan Netbeans.

Menggunakan Textpad dan WTK 2.5

Buka Wireless Toolkit 2.5 lalu tekan tombol New Project untuk membuat project baru. Isikan nama project HelloMIDlet dan MIDlet class name HelloMIDlet kemudian tekan tombol Create Project. Pada saat keluar jendela Settings for Project tekan tombol OK.


Perhatikan direktori penyimpanan project J2ME yang telah dihasilkan oleh Wireless Toolkit tersebut. Direktori tersebut nantinya akan kita pergunakan untuk menyimpan listing program yang kita buat.
Setelah pembuatan project pada Wireless Toolkit, bukalah text editor Textpad untuk menuliskan listing program kita. Kemudian ketikkan listing program di Textpad setelah itu save dengan nama HelloMIDlet.java pada direktori yang telah di highlight di atas.

Setelah menuliskan listing program, bukalah Wireless Toolkit anda. Tekanlah tombol Build untuk mengkompile listing program. Lalu setelah sukses tekan tombol Run sehingga akan muncul tampilan emulator handphone seperti di bawah ini.

Sedangkan untuk membuat paket .jar agar bisa didownload ke mobile device yaitu dengan cara ke menu Project > Package > Create Package.

Lalu silahkan download file .jar dan .jad ke dalam mobile device anda kemudian jalankan file tersebut.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment